Jumat, 29 Maret 2013

Soal "Aplikasi Bisnis TI"

Diposting oleh Riri Kurniasari di 05.10

1.      Bisnis adalah suatu usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi agar bisa mendapatkan laba dengan cara memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Definisi Bisnis Menurut Ahli?
A.    Musselman dan Jakson(1992)       C. Allan Afuah(2004)
B.     Mahmud Machfoedz*                D. Steinford

2.      Yang Termasuk Aspek-aspek bisnis :
A.    Kegiatan individu dan kelompok C. Penciptaan barang dan jasa
B.     Penciptaan nilai                             D. Semua Jawaban A,B,C Benar

3.      Manakah Jawaban yang benar Definisi Bisnis Menurut Ahli Musselman Dan Jackson(1992)?
A.    Suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat, perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat dalam aktifitas tersebut
B.     Jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standart serta kualiatas hidup mereka.
C.     Sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
D.    Suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

4.      Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat,merupakan definisi elemen dan sistem bisnis apa?
A.    Management Skill(Ketrampilan Manajemen)       C. Materials(Bahan-Bahan)
B.     Human Resource(Sumber Daya Manusia)            D. Capital(Modal)

5.      Yang Tidak termasuk Karakteristik Sistem Bisnis?
A.    Kompleksitas & Keanekaragaman            C. Perubahan dna inovasi
B.     Saling ketergantungan                              D. Keuntungan melalui transaksi

6.      Apa Singkatan dari B2B2C?
A.    Business to business                                  C. Business to Business to Costumer
Business to Costumer melalui Internet     D. Business to Business to Commerce

7.      Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, kecuali :
A.    Electronic Markets(EMs)
B.     Elektronic Data Interchange(EDI)
C.     Internet Commerce
D.    Mobile Commerce

8.      Keuntungan apa saja yang termasuk pada E-Commerce?
A.    Bagi pengelola Bisnis        C. Bagi Konsumen
B.     Bagi Manajemen               D. Jawaban A, B, C benar

9.      Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktifitas perdagangan. Merupakan definisi klasifikasi sistem E-commerce tipe aplikasi apa?
A.    Internet Commerce         C. Mobile Commerce
B.     Elektronic Markets(Ems)  D. Elektronic Data Interchange(EDI)

10.  Yang tidak termasuk jenis-jenis E-commerce secara umum?
A.    Business to Business(B2B)           C. Business to Costumer(B2C)melalui internet
B.     Costumer to Costumer(C2C)        D. Business to Commerce(B2C)

11.  Perserikatan atau kongsi ataupun persatuan dari beberapa pengusaha swasta menjadi satu kesatuan usaha bersama. Perusahaan ini dimiliki oleh beberapa orang dan pimpin atau dikelola oleh beberapa orang pula, merupakan definisi bentuk badan usaha apa?
A.    PT                          C. Perseorangan
B.     Firma                    D. Yayasan

12.   Keuntungan-keuntungan dari bentuk Perseorangan, kecuali :
A.    Mengandung tanggung jawab keuangan tak terbatas
B.     Keterbatasan kemampuan keuangan
C.     Keterbatasan manajerial
D.    Motivasi usaha yang tinggi

13.  Macam bentuk badan usaha di indonesia, kecuali :
A.    Warung                C. Koperasi
B.     BUMN                  D. Swasta

14.  Sehat sekali(SS), Sehat(S), Kurang Sehat(KS), Tidak Sehat(TS) pedoman penilaian yang menggolongkan tingkat kesehatan usahanya, ini termasuk kategori apa?
A.    BUMN                  C. Swasta
B.     Koperasi                D. E-Commerce

15.  Menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian indonesia dan koperasi yang kokoh dan berakar. Merupakan arti Lambang Koperasi Indonesia?
A.    Rantai                    C. Timbangan
B.     Pohon Beringin   D. Gigi Roda


16.   
Gambar diatas merupakan bentuk struktur organisasi ?
A.    Bagan Organisasi        C. Struktur Divisional
B.     Struktur Fungsional    D. Struktur Matriks

17.  Apa definisi dari Struktur  Organisasi?
A.    Sebuah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih orang yang bekerja bersama-sama dalam suatu bentuk yang ditetapkan untuk mencapai sejumlah tujuan.
B.     Orang-orang dikelompokkan ke dalam departemen-departemen menurut kesamaan keterampilan dan aktivitas-aktivitas kerja.
C.     Departemen dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada kesamaan produk, program atau daerah geografis.
D.    Rantai Komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simultan dan membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama.

18.  Yang termasuk dalam keunggulan Jaringan, kecuali :
A.    Daya Saing global
B.     Fleksibilitas tenaga kerja
C.     Mengurangi biaya administratif
D.    Punya beberapa keunggulan struktur fungsional

19.  Departemen dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada kesamaan produk, program atau daerah geografis. Merupakan definisi dari bentuk struktur organisasi ?
A.    Fungsional             C. Matriks
B.     Divisional             D. Tim

20.  Loyalitas ganda dan konflik, waktu dan sumberdaya lebih banyak untuk pertemuan dan desentralisasi tidak terencana. Merupakan Kelemahan dari struktur organisasi apa?
A.    Jaringan                 C. Tim
B.     Fungsional             D. Matriks

21.  Rekrutmen adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Ini merupakan definisi Rekrutmen menurut ahli?
A.    Drs. Fautisno Cardoso Gomes(1995:105).
B.     Henry Simamora(1997:212)
C.     Randal S. Schuler & Susan E. Jackson(1997:227).
D.    Noe at. All(2002)

22.  Yang termasuk pada teknik-teknik Rekrutment baik disektor publik maupun swasta?
A.    Teknik Rekrutmen Sentralisasi     C. Teknik Rekrutmen Desentralisasi
B.     Jawaban A&B Benar                 D. Jawaban A&B Salah

23.  Pola dasar perhitungan gaji yang cukup flexibel hendaknya mencerminkan 5 hal pokok, yaitu :
A.    Upah/Gaji harus mencerminkan nilai pekerja atau tugas
B.     Kenaikan gaji hendaknya sebanding dengan peningkatan produktivitas kerja
C.     Peningkatan gaji tidak di berikan dalam basis yang permanen
D.    Jawaban A,B,C Benar

24.  Masalah Gaji / Pendapatan / Imbalan kerja bagi karyawan merupakan hal yang sensitif dan berpengaruh langsung pada produktivitas kerja individu. Merupakan aspek SDM dari?
A.    Manfaat Sistem Penggajian          C. Sistem Penggajian
B.     Manfaat Sist.Penggajian               D. Ruang Lingkup Sistem Penggajian

25.  Apakah aktivitas-aktivitas dasar yang dilakukan dalam siklus penggajian, kecuali?
A.    Perbarui file induk penggajian                  C. Validasi data Waktu dan Kehadiran
B.     Perbarui tarif dan pemotongan pajak        D. Laporan tersendiri bagi profesional

26.  Manakah yang bukan termasuk dalam langkah-langkah strategi pemasaran ?
A.    Menentukan pasar sasaran           
B.     Menciptakan bauran pasaran
C.     Melakukan evaluasi pasar
D.    Perencanaan pasar yang strategis

27.  Apakah kepanjangan dari AMA?
A.    American Management Association
B.     American Marketing Association
C.     Asian Management Association
D.    Asian Marketing Association

28.  Di bawah ini yang bukan termasuk dalam dasar segmentasi pasar adalah :
A.    Segmentasi Psikologi
B.     Segmentasi Geografi
C.     Segmentasi demografi
D.    Segmentasi prilaku

29.  Pernyataan dibawah ini manakah kalimat untuk distribusi produk konsumen yang benar?
A.     Produsen à Konsumen à Pengecer
B.     Produsen à agen à pengecer à konsumen
C.     Produsen à agen à pengecer à grosir
D.    Produsen à agen à grosir à agen à konsumen

30.  Faktor apakah yang ada pada dasar penetapan harga ?
A.    Faktor Sumber Daya Manusia dan Faktor Modal
B.     Faktor Ekonomi dan Faktor Pemasaran
C.     Faktor internal dan Faktor eksternal
D.    Faktor produksi dan Faktor Distributor

31.  Manakah yang bukan termasuk dalam faktor penentu ancaman produk substitusi?
A.    harga dan kinerja produk substitusi,
B.     biaya beralih pemasok
C.     kurangnya peminat pembeli terhadap produk
D.    kecenderungan pembeli terhadap produk substitusi.

32.  Keunggulan bersaing bersumber dari berbagai macam kegiatan yang dilakukan perusahaan, manakah yang bukan kegiatan perusahaan itu ?
A.    Perancangan produk
B.     Pembuatan produk
C.     Tidak melakukan distribusi
D.    Memasarkan produk

33.  Strategi pemasaran dilakukan untuk membuat 3 macam keputusan, manakah yang bukan?
A.    Konsumen manakah yang dituju
B.     Kepuasan yang diinginkan oleh konsumen
C.     Marketing mix apakah yang dipakai untuk memberikan kepuasan kepada konsumen tersebut
D.    Membuat kuesioner untuk konsumen

34.  Dibawah ini manakah yang bukan termasuk fungsi iklan?
A.    Fungsi global
B.     Fungsi pemasaran
C.     Fungsi sosial
D.    Fungsi ekonomi

35.  Media iklan elektronik ada beberapa jenis, manakah yang bukan?
A.    Radio
B.     Televisi
C.    Koran atau majalah
D.    Internet

36.  Rencana kuantitatif aktivitas usaha sebuah organisasi (pemasaran, produksi dan keuangan). Merupakan definisi dari?
A.    Anggaran*           C. Penganggaran
B.     Perencanaan          D. Anggaran Inkremental

37.  Manakah Yang bukan termasuk dalam faktor Intern ?
A.    Penjualan tahun-tahun yang lalu
B.     Modal kerja perusahaan
C.     Fasilitas-fasilitas
D.    Keadaan persaingan

38.  Apa definisi dari Biaya Penyusunan Laporan?
A.    Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli barang-barang seperti kertas, alat tulis kantor, tinta printer, disket, CD/DVD.dsb
B.     Biaya yang harus dikeluarkan laporan kegiatan dan model user manual.
C.     Ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan seperti sewa ruangan(kerja/produksi, presentasi dan pelatihan), dsb
D.    Ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan rutin selama kegiatan seperti telepon, sambungan internet,listrik, air dsb
39.  Dibawah ini adalah komponen-komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan proyek.
A.    Biaya Transportasi
B.     Biaya Rutin
C.     Biaya Pemanfaatan peralatan dan sewa
D.    Jawaban A,B, C Benar

40.  Ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan rutin selama kegiatan berlangsung seperti telepon, sambung internet, korespondensi, listrik,air, gas, keamanan, pemeliharaan , dsb. Merupakan definisi komponen biaya ?
A.    Biaya Transportasi            C. Biaya pemanfaatan Peralatan dan Sewa
B.     Biaya Rutin                      D. Biaya Penyusunan Laporan







41.  Rumus diatas merupakan rumus pada Kriteria Investasi?
A.    NPV                                              C. IRR
B.     NET B/C                                       D.Payback Period

42.  Berikut ini yang termasuk dalam Kriteria Investasi :
A.    Payback Period                             C. Benefit/ Cost Ratio(B/C Ratio)
B.     Net Present Value(NPV)              D. Jawaban A,B,C Benar

43.  Perhitungan dengan menggunakan nilai nominal dapat menyesatkan, sebab tidak memperhitungkan nilai waktu dari uang. Ini merupakan definisi dalam kriteria investasi?
A.    Payback Period                             C. Net Present Value(NPV)
B.     Benefit/Cost Ratio(B/Ratio)         D. Internal Rate of Return(IRR)

44.  Apa pengertian dari Aliran Kas Operasional (Operational Cash Flow) ?
A.    Aliran kas yang berkaitan dengan operasional proyek seperti : penjualan biaya umum, dan administrasi.
B.     Aliran Kas yang berkaitan dengan pengeluaran untuk kegiatan investasi misalnya: pembelian tanah, gedung dan biaya pendahuluan
C.     Aliran Kas yang berkaitan dengan nilia sisa proyek ( nilai residu) seperti sisa model kerja atau nilai sisa proyek lainnya yaitu penjualan peralatan proyek.

45.  Rumus diatas merupakan rumus pada Kriteria Investasi?
A.    IRR                                               C. NPV
B.     Net B/C                                        D. Payback Period

46.  Metode-metode apa saja yang digunakan pada Perencanaan Proposal ?
A.    Payback Period                             C. Profitability Index ( PI)
B.     Net Present Value (NPV)             D. Jawaban A, B, C Benar

47.  skedul rinci yang memperlihatkan penjualan yang diharapkan untuk periode yang akan datang..merupakan definisi dari??
a. anggaran penjualan                      c. anggaran operasi
b. anggaran produksi                           d. induk anggaran
48.  Deskripsi rinci pendapatan dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai hasil laba yang memuaskan.merupakan definisi dari??
a. anggaran penjualan                          c. anggaran operasi
b. anggaran produksi                           d. induk anggaran
49.   Skedul rinci yang mengidentifikasi produk atau jasa yang harus dihasilkan atau disediakan utnuk meraih penjualan yang dianggarkan dan kebutuhan persediaan..merupakan definisi dari??
a. anggaran penjualan                          c. anggaran operasi
b. anggaran produksi                       d. induk anggaran
50.  Pro- ses penetapan bentuk dan ukuran beberapa program yang akan dilaksanakan dalam menerapkan strategi organisasi.merupakan definisi dari??
a. anggaran penjualan                          c. perencanaan strategic
b. anggaran produksi                           d. induk anggaran

0 komentar:

Posting Komentar

 

Inspiration of future Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos